Keistimewaan Shalat Dhuha

“Senangnya Shalat Dhuha”

Mengusahakan menyempatkan shalat dhuha sebelum berangkat kuliah adalah keharusan bagi saya. Walaupun terkadang suka bangun kesiangan, mandi 10 menit aja, tapi berwudhu dan shalat dhuha 2 rakaat harus saya lakukan. Shalat dhuha itu memang sangat menyenangkan, saya bisa merasakan perasaan yang tenang, tentram, damai, selama seharian beraktivitas. Coba resapi makna dalam doa yang selalu dipanjatkan setelah shalat dhuha Subhanallah: “Ya Allah sesungguhnya waktu dhuha itu adalah waktu dhuhamu, kecantikan itu adalah kecantikanmu, keindahan itu keindahanmu, kekuatan itu adalah kekatanmu dan perlindungan itu adalah perlindunganmu. Ya Allah jika rizkiku masih berada di langit turunkanlah, jika ada di bumi keluarkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah. Berkat waktu dhuha keagungan, kekuatan dan kekuasaanmu limpahkanlah pada kami segala yang telah engkau limpahkan kepada hamba-hambamu yang saleh dan saleha.” Amin. Dan ternyata saya baru mengetahui banyak keistimewaan yang bisa didapat jika mengerjakan shalat dhuha. Coba simak 6 keistimewaan shalat dhuha ini:

pertama, sebagai pengganti sedekah anggota badan. Manusia memiliki 360 sendi, yang setiap sendinya hendaknya dikeluarkan sedekah pada setiap harinya. Tentu, hal ini merupakan pekerjaan yang sangat sulit untuk dilaksanakan. Akan tetapi, Rasulullah SAW menawarkan solusi praktis untuk mengatasi itu semua, yaitu dengan menggantinya dua rakaat shalat dhuha.

Rasulullah SAW bersabda, “Setiap sendi tubuh setiap orang di antara kamu harus disedekahi pada setiap harinya. Mengucapkan satu kali tasbih (Subhanallah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahmid (Alhamdulillah) sama dengan satu sedekah, satu kali tahlil (La ilaha illallah) sama dengan satu sedekah, satu kali takbir (Allahu Akbar) sama dengan satu sedekah, satu kali menyuruh kebaikan sama dengan satu sedekah, dan satu kali mencegah kemungkaran sama dengan satu sedekah. Semua itu dapat dicukupi dengan melaksanakan dua rakaat shalat dhuha.” (HR Muslim dan Abu Dawud).

Kedua, dibangunkan istana dari emas. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa shalat dhuha 12 rakaat, maka Allah SWT akan membangunkan baginya istana dari emas di surga.” (HR Ibnu Majah).

Ketiga, diampuni dosa-dosanya. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang menjaga shalat dhuha, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”(HR Ibnu Majah).
Dalam hadis yang lain, “Barang siapa yang menunaikan shalat Subuh kemudian ia duduk dan tidak mengucapkan perkataan yang sia-sia, melainkan berzikir pada Allah SWT hingga menunaikan shalat dhuha empat rakaat, maka dosa-dosanya akan terhapus bersih seperti anak yang baru dilahirkan oleh ibunya, ia tidak punya dosa.” (HR Abu Ya’la).

Keempat, dicukupi kebutuhan hidupnya. Dalam hadis Qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai anak Adam, rukuklah (shalatlah) karena Aku pada awal siang (shalat dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)-mu sampai sore hari.” (HR Tirmidzi).

Kelima, mendapat pahala setara ibadah haji dan umrah. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian duduk berzikir untuk Allah sampai matahari terbit kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan shalat dhuha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya.” (HR Tirmidzi).

Keenam, masuk surga melalui pintu dhuha. Sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya di surga kelak terdapat pintu yang bernama adh-Dhuha, dan pada hari kiamat nanti akan terdengar panggilan, di manakah orang-orang yang melanggengkan shalat dhuha, ini adalah pintu kalian masuklah kalian dengan rahmat Allah SWT.” (HR Thabrani).

Moga bisa menular untuk rajin mengerjakan shalat dhuha. Yuks semangat berbuat baik :) !

Oh ya, berdzikir saat berjalan, duduk, saat ragu, gelisah, galau(*gak suka dengan kata-kata ini) baik dilakukan. Karena dengan selalu mengingat Allah bisa terhindar dari perbuatan dan pikiran macam-macam yang kurang berguna. Hehe

Oke,

Keep Spirit, Syukur and Fun :) !

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s